Solusi Mudah Usir Ngantuk Saat Nyetir Mobil

0
ngantuk

Seruni.id – Saat menyetir mobil dibutuhkan kondisi yang prima. Kemampuan untuk konsentrasi sangat dibutuhkan. Saat mengantuk merupakan saat yang berbahaya untuk menyetir mobil. Lalu, bagaimana mengusir ngantuk yang mendera saat sedang menyetir?

Meski terkesan dan terlihat mudah, karena sudah menjadi aktivitas rutin sehari-hari, mengemudi mobil membutuhkan pengetahuan dan keterampilan yang tidak sekadar mampu menyetir loh. Kondisi utama yang dibutuhkan oleh seorang pengemudi adalah sanggup berkonsentrasi dengan baik dan stabil.

Seperti yang diketahui bahwa aktivitas mengemudi mobil memiliki risiko, yaitu potensi kecelakaan. Berdasarkan catatan Kepolisian Republik Indonesia, angka rata-rata kecelakaan bermotor di Indonesia adalah 28-30 ribu per tahun. Lalu bagaimna solusi mengusir ngantuk saat menyetir mobil?

Baca juga: Ini Cara Mudah Turunkan Berat Badan Saat Tidur di Malam Hari

Sebuah studi yang dilakukan oleh Loughborough University, Inggris, menemukan bahwa pengendara yang mengalami dehidrasi berpotensi melakukan kesalahan saat berkendara. Ngantuk pada saat berkendara disebabkan karena kurangnya pasokan oksigen ke otak. Secara refleks otak akan memerintahkan tubuh untuk menguap supaya memasukkan oksigen ke dalam darah. Kecukupan cairan tubuh pada saat mengemudi akan membuat darah mudah mengikat oksigen, sehingga dapat meminimalisasi timbulnya rasa mengantuk.

“Mengantuk saat berkendara, sangatlah berbahaya. Karena mengakibatkan turunnya tingkat konsentrasi, kelelahan (fatigue), sehingga kemampuan refleks tubuh pun menurun dengan drastis. Jadi sangat disarankan pada saat mengemudi kebutuhan cairan tubuh, dalam hal ini air putih, harus dipenuhi,” ujar pakar safety driving, Dhany Ekasaputra, dikutip dari rilis Talkshow Crystalline, Official Mineral Water Indonesia International Motor Show 2018, Selasa, 24 April 2018.

Dengan konsentrasi yang baik dan stabil, setiap pengemudi akan sigap mengantisipasi kejadian-kejadian di jalan dan merespons dengan benar. Konsentrasi dipengaruhi oleh kondisi tubuh, terutama dalam hal kecukupan cairan.

Sangat jelas ya, kebutuhan cairan tubuh yang cukup pada saat mengemudi akan membantu untuk meningkatkan dan mempertahankan konsentrasi. Penting juga untuk memperhatikan kualitas air yang diminum, apalagi jika menggunakan air dalam kemasan.

Oleh karena itu, kecukupan cairan dalam tubuh bisa menjadi solusi atasi ngatuk saat menyetir mobil.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.