Solusi Saat Harga Tiket Pesawat Melonjak Tinggi Saat Mudik

0

Seruni.id – Kurang lebih 1,5 bulan lagi Ramadhan tiba. Itu artinya, 2,5 bulan lagi Lebaran pun akan menghampiri. Lebaran merupakan waktu yang ditunggu-tunggu sebagian besar masyarakat Indonesia untuk mudik. Mudik itu artinya akan banyak yang hunting mencari tiket mudik.

Perusahaan pencarian travel dunia, atau yang disebut juga dengan Skyscanner memprediksi jika para pemudik telah melakukan pemantauan harga tiket enam bulan sebelum tanggal keberangkatan. Perusahaan meyakini pemudik sangat haus akan informasi tiket mudik, khususnya pesawat.

Adapun data yang diungkap oleh Skyscanner, dengan jumlah pemudik yang mencapai 19-25 juta orang setiap tahunnya. Hal tersebut dikarenakan mudik Lebaran merupakan suatu momen yang tak terelakkan di Indonesia. Tidak heran jika Lebaran juga identik dengan kenaikan harga tiket yang cukup signifikan.

“Lebaran tahun lalu, harga tiket penerbangan menuju beberapa kota di Indonesia naik lebih dari 70 persen. Ini membuktikan jika pemudik memang dirasa perlu untuk memantau harga tiket penerbangan secara teliti, baik dari segi harga maupun ketersediaan,” ujar Yulianto Balawan, Senior Marketing Manager dari Skyscanner Indonesia, dalam keterangannya, Selasa, 6 Maret 2018, seperti yang dilansir oleh Viva.

Tahun lalu, harga tiket ke Jakarta naik hingga 73 persen. Sementara untuk kota lain seperti Bali naik hingga 80 persen, Padang naik 74 persen, Palembang 79 persen, dan Malang juga naik hingga 79 persen. Oleh karena itu, untuk menghindari kelangkaan tiket mudik, disarankan untuk melakukan pemesanan jauh-jauh hari sebelum Lebaran, yang tahun ini diperkirakan akan jatuh pada tanggal 15-16 Juni 2018.

Walaupun ketika musim mudik Lebaran, beberapa maskapai kerap menambah kursi melalui extra flight, bukan berarti harga tiket tidak melambung. Hal ini dikarenakan jumlah penumpang meningkat signifikan saat itu.

Sedangkan untuk rute penerbangan yang paling dicari pada Lebaran tahun ini diprediksi Yulianto, sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Yaitu, posisi teratas masih diisi oleh Jakarta, Bali, Surabaya, Medan, dan Yogyakarta.

Yang berbeda, apabila berkaca pada tren, tujuan Lombok, Belitung, dan juga Labuan Bajo diperkirakan akan banyak diincar oleh pemudik yang ingin sekaligus berwisata di liburan Lebaran tahun ini.

LEAVE A REPLY