Sulit Bangun Ketika Sahur? Lakukan 6 Cara ini

0
hipwee,com

Seruni.id – Sahur adalah rutinitas yang dilakukan untuk orang-orang yang akan berpuasa terutama di bulan Ramadhan. Selama bulan puasa ritme kita berbeda dengan bulan-bulan lainnya. Dan sebagai wanita, apalagi jika sudah menjadi seorang ibu, harus ekstra melakukan segala hal. Misalnya bangun ketika sahur, ibu rumah tangga tampaknya harus bangun lebih dulu untuk menyiapkan makan sahur. Agar tetap bisa menunaikan ibadah puasa sebulan penuh dengan bangun sahur yang berkualitas ikuti beberapa cara ini. Cara berikut sangat mudah untuk dilakukan dan pasti akan sangat membantu bagi kamu yang sulit sekali bangun ketika sahur.

1. Tidur Lebih Awal

Jika kamu sulit bangun ketika sahur, cobalah untuk tidur lebih awal. Dengan tidur lebih awal, membuat kamu bisa bangun sahur dengan cepat, karena tubuh telah beristirahat dengan cukup sehingga tidak susah untuk bangun lebih awal.

2. Sugesti Diri Sendiri 

Selanjutnya, kamu bisa mensusegsti diri sendiri dengan mengatakan dalam hati untuk bangun pada jam sahur. Hal ini untuk memerintahkan pikiran bawah sadar agar membangunkan tubuh pada jam tersebut

3. Letakkan Alarm Jauh dari Jangkauan

Alarm pada HP atau jam terkadang kurang ampuh untuk membangunkan. Tentu saja karena setiap alarm ini berbunyi maka kebanyakan yang dilakukan adalah mematikan alarm sambil tetap merem lalu melanjutkan untuk tidur. Cara paling ampuh untuk mengatasi ini adalah letakkan alarm jauh dari jangkauan tangan. Ketika alarm berada jauh dari jangkauan tangan maka mau tidak mau harus berdiri untuk mematikan alarm tersebut.

4. Minta Dibangunkan

Tips bangun ketika sahur ini bisa dikatakan sebagai cara paling ampuh namun juga riskan. Kenapa demikian? Karena jika yang membangunkan adalah orang yang terbiasa bangun pagi maka tidak masalah karena pasti dia akan bangun untuk sahur. Namun bagaimana jika yang diminta bantuan untuk membangunkan ternyata sama-sama susah untuk bangun. Lebih baik minta tolong ke orang tua bagi yang masih tinggal jadi satu dengan keluarga.

5. Hindari Makanan Berat Sebelum Tidur

Tidur dengan perut kenyang hanya akan mempersulit ketika bangun sahur. Hindari makanan-makanan berat yang mengandung banyak karbohidrat sebelum tidur dan minum banyak air. Lakukan relaksasi dan peregangan sebelum tidur untuk membantu bangun sahur lebih segar.

6. Niat Puasa Sebelum Tidur
Tidak ada yang mengalahkan kemauan untuk beribadah yang dimulai dengan bangun sahur. Niatkan dalam batin untuk berpuasa di esok hari dengan terlebih dahulu makan sahur. Tekankan dan pikirkan hingga tertidur maka tanpa disadari tubuh akan bangun tepat pada waktu sahur.

Baca Juga: Apakah Hukumnya Makan Sahur Sebelum Tidur?

Itulah beberapa tips yang bisa dilakukan bagi yang sangat susah bangun ketika sahur Tips-tips diatas sudah dilakukan banyak orang setiap harinya dan pasti akan sangat berguna bila kalian terapkan juga setiap hari. Semoga bermanfaat.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.