Tempat Gaul di Sini Tawarkan Senja Indah dan Sayup Lantunan yang Menggetarkan Jiwa

0

Seruni.id – Jika suatu hari Momies mengunjungi Kota Surabaya, Jawa Timur, ada nih tempat yang kami rekomendasikan untuk tempat bercengkrama dan gaul.

Tempat gaul dengan suami dan anak-anak tercinta atau dengan sanak keluarga atau sahabat dan teman. Tempat yang menawarkan sesuatu yang lain daripada yang lain. Makanan dan minuman yang ditawarkan sih biasa-biasa saja karena sama dengan tempat tongkrongan lainnya.

Akan tetapi, yang plus ialah lokasinya. Ada tersajikan pemandangan langit senja nan indah ditawarkan alam sekitar. Ditambah dengan sayup-sayup lantunan ayat suci Alquran, juga terdengar dari masjid terdekat yang dapat membuat hati bergetar, tenang dan bahagia mendengarnya.

Tempat tongkrongan atau tempat gaul itu bernama Tamkul Kauman. Tamkul adalah akronim dari taman kuliner. Tamkul Kauman terletak di sisi utara Masjid Al Akbar Surabaya. Di sebelahnya, berdiri pula sebuah tempat tongkrongan yang tidak kalah asyik bernama Warung Kauman.

Tamkul Kauman menempati sebuah rumah besar bergaya modern dengan dua lantai. Lantai satu biasa-biasa saja. Meja dan kursi ditata nyaris rapat-rapat. Sebuah meja pemesanan tertata apik berada di bagian tengah. Di pintu masuk, gapura kayu berhias lampu-lampu mungil siap menyapa setiap pengunjung.

Hal yang paling menarik dan asyik dibuat gaul berada di lantai dua. Di bagian depan, kursi-kursi dan meja-meja ditata di tempat terbuka, menghadap langsung ke megahnya Masjid Al Akbar. Langit luas jadi atap. Dengan begitu pengunjung leluasa memandangi alam sekitar.

Nah, dari lantai dua inilah pengunjung bisa menikmati indahnya langit senja di ufuk barat bila nongkrong di kala sore, atau menjelang petang, sambil menikmati minuman dan camilan. Bila cuaca mendukung, momen detik-detik matahari terbenam jadi bonus yang menakjubkan di Tamkul Kauman.

Saat langit terbilang cerah, hanya mendung tipis terlihat di ufuk barat, memendar transparan karena tersorot sinar matahari yang akan terbenam. Mega-mega mengintip dari sela-sela dedaunan dan kuncup kubah serta menara Masjid Al Akbar.

Angin sepoi-sepoi yang dikibaskan daun-daun terasa sejuk. Jelang maghrib, terdengar sayup-sayup lantunan ayat suci Alquran dari dalam masjid. Selepas maghrib, pengunjung makin ramai.

Tamkul Kauman menjadi salah satu tempat favorit jika ingin bersantai di Kota Surabaya. Tempatnya bagus, view-nya juga asyik kalau sore dan malam. Memberikan rasa tenang. Masjid juga dekat kalau mau salat.

 

-Arumadewi-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.