Ternyata Manfaat Olahraga Ini Banyak Sekali Loh!

0

Seruni.id – Yoga, merupakan salah satu jenis olahraga yang mengkombinasikan gerakan bagian tubuh dan membutuhkan konsentrasi, ketenangan, serta kondisi tubuh yang rileks atau santai pada saat melakukannya. Yoga semakin diminati banyak orang karena dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Manfaat yoga untuk kesehatan adalah dengan olah tubuh dan pikiran, yoga bisa membuat tubuh menjadi lebih segar dan bugar, juga mengurangi stres.

Yoga sendiri sebenarnya sudah diperkenalkan sangat lama sekali, kira-kira 2000 tahun sebelum masehi. Nah, pada saat ini yoga merupakan salah satu alternative olahraga yang banyak diminati, karena manfaatnya yang sangat banyak, yoga juga tidak membutuhkan kekuatan fisik prima seperti olahraga lainnya, yaitu berlari, sepakbola, tinju, dan sebagainya.

Sebenarnya apa saja manfaat yoga ini?

  1. Sebagai Media Relaksasi dan Meditasi

Yang pertama, gerakan-gerakan yang terdapat pada yoga merupakan bentuk gerakan-gerakan tubuh dan anggota badan secara perlahan-lahan. Gerakan badan secara perlahan lahan ini akan membuat tubuh anda menjadi rileks dan santai. Selain itu, biasanya backsound atau suara latar pada saat melakukan yoga adalah suara-suara alam, seperti aliran air atau hembusan udara yang sangat membuat diri anda menjadi sangat rileks. Bisa juga gerakan yoga diiringi dengan music-musik bertempo lambat, yang akan membuat anda menjadi tenang, santai dan rileks pada saat melakukan yoga.  Saat meditasi, tubuh melepaskan diri dari stress yang membuat tubuh dan pikiran lelah. Dengan begitu, tubuh dan pikiran diberikan kesempatan untuk menyembuhkan diri, sekaligus juga membentuk kekebalan tubuh agar tidak mudah lelah dan terserang penyakit.

2. Mengurangi Stres

Ketika anda merasa rileks dan tenang saat melakukan yoga, maka ada manfaat lain yang bisa anda peroleh. Anda bisa menghilangkan beban pikiran yang menggangu. Ketika anda melakuukan yoga, seluruh pikiran anda akan dibawa ke dalam alam relaksasi, sehingga banyak pikiran dan emosi negative akan keluar dengan sendirinya, begitu pula ketika anda sedang stress. Cukup melakukan yoga selama beberapa menit, maka anda akan merasakan manfaatnya.

3. Melancarkan Peredaran Darah dan Membentuk Kekebalan Tubuh

Sama dengan berbagai jenis olahraga yang dapat ditekuni, yoga juga dapat bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah. Hal ini dapat membantu anda agar terhindar dari beberapa penyakit, seperti jantung dan penyumbatan pembuluh darah. Manfaat yoga untuk kesehatan ada pada gerakan-gerakan yoga tertentu seperti headstand, shoulder-stand dan legs-up-the-wall membantu sirkulasi cairan getah bening melalui sistem limfatik. Sistem limfatik berfungsi menyaring racun dari darah dan mengangkut sel-sel kekebalan tubuh untuk melawan infeksi.

4. Membakar Lemak dan Menurunkan Berat Badan

Pada umumnya semua gerakan-gerakan pada semua olahraga akan membantu anda membakar lemak di dalam tubuh anda, begitu pula dengan yoga. Gerakan gerakan yang terdapat pada yoga akan membantu anda dalam membakar lemak di tubuh. Hal ini dapat anda lihat dari banyaknya keringat yang keluar ketika anda melakukan yoga. Keringat adalah bukti bahwa sedang terjadi pembakaran lemak yang terjadi di dalam diri anda. Sebagai bentuk olahraga yang mengkombinasikan berbagai macam gerakan, sudah pasti yoga juga dapat membantu anda menurunkan berat badan anda. hal ini didapat melalui terbakarnya lemak dan terbentuknya otot sebagai hasil dari melakukan yoga.

5. Mengencangkan Otot

Banyak gerakan-gerakan dalam yoga yang dapat membantu anda untuk mengencangkan otot-otot. Pada umumnya, otot perut, punggung dan dada merupakan bagian bagian yang dapat mengencang karena melakukan yoga. Dan hal ini sudah terbukti dari banyak sekali orang yang sudah melakukan yoga, hampir semua merasakan bertambah kencangnya otot-otot tubuh mereka.

6. Memperindah Bentuk Tubuh

Bagi para wanita yang ingin memperindah bentuk tubuhnya, cobalah melakukan olahraga ini. Yoga efektif dalam membentuk tubuh anda. gerakan-gerakan pada yoga akan membantu anda dalam mebentuk tubuh anda. hal ini terjadi sebagai akibat dari terbakarnya lemak dan terbentuknya otot-otot tertentu yang tentunya dapat mempercantik tubuh anda.

7. Menghaluskan dan Menyehatkan Kulit

Racun-Racun yang berada di tubuh, yang berhasil di detoksifikasi melalu kulit dapat menambah kesehatan anda, salah satunya kesehatan kulit anda. Kulit anda akan trasa lebih sehat dan halus. Selain itu, kelenturan kulit anda juga akan terjaga, selain karena otot-otot yang semakin mengencang, gerakan dari yoga juga menstimulasi kulit anda agar tetap lentur dan kencang.

Nah, dari beberapa poin di atas, sebetulnya masih banyak lagi manfaat lain, seperti mencegah diabetes, menurunkan kadar gula dan kolesterol, sebagai detoksifikasi, mencegah osteoporosis, mengurangi gejala sakit pinggang, dan meningkatkan fungsi pernafasan.

Wah, sepertinya olahraga yoga ini patut dicoba ya Moms!

LEAVE A REPLY