Tidur Memeluk Guling, Ini Loh Manfaatnya

0
memeluk guling

Seruni.id – Saat tidur, Anda punya kebiasaan tidur sambil memeluk guling? Jika ya, ada kabar baik untuk Anda.

Untuk sebagian orang, jika tidur tidak memeluk guling akan terasa hampa ditidurnya. Bahkan ada juga orang yang tidak bisa tidur jika ia tidak memeluk guling.

Indonesia diketahui merupakan salah satu negara yang menggunakan guling sebagai perlengkapan tidurnya. Namun, tak sekedar sebagai hobi, tidur sambil memeluk guling juga bermanfaat banyak untuk kita loh.

Baca juga: Bahayakah Tidur dengan Posisi Tengkurap?

Apa saja manfaatnya? Berikut adalah penjelasannya:

1. Tidur Lebih Nyenyak

Sebuah penelitian membuktikan bahwa seseorang yang tidur dengan bantal dan guling akan merasa lebih nyaman. Memeluk sesuatu bisa membantu orang yang tidur lebih santai.

Bisa jadi karena disebabkan guling bisa diletakkan dibawah leher untuk mendapat tumpuan yang lebih baik. Hal tersebut juga membantu mengurangi tekanan pada otot yang terakumulasi sepanjang hari.

2. Meningkatkan kualitas tidur

Guling bisa meningkatkan kualitas tidur dengan memperbaiki posisi tubuh. Bbagi mereka yang hobi tidur dalam posisi menyamping, memeluk guling bisa mengurangi tekanan di kaki bagian bawah loh.

Baca juga: 4 Kebiasaan Sebelum Tidur yang Bisa Menurunkan Berat Badan

3. Lebih aman dibanding bantal

Studi menyebutkan bahwa memberikan guling pada bayi dan balita lebih baik dibanding bantal. Hal ini disebabkan konstruksi guling biasanya lebih kaku, dan berisiko lebih sedikit dalam mencegah anak kesulitan bernapas saat tidur.

4. Mendukung postur tubuh

Guling dapat memberi manfaat ortopedi bagi tubuh kita. Dengan memeluk guling mencegah keseleo dan rasa sakit di tubuh.

Memeluk guling saat tidur dengan posisi menyamping bisa meluruskan punggung saat tidur. Ini akan membuat postur tubuh lebih baik karena membuat punggung tetap lurus.

Ternyata, guling juga bisa mengurangi ketegangan yang akan dialami selama masa kehamilan loh. Guling juga bisa diletakkan di bawah leher yang dapat meringankan ketegangan otot yang telah terakumulasi selama beraktivitas.

5. Menyembuhkan nyeri punggung

Tidur dengan menggunakan guling dan meletakkannya di atas panggul bisa membantu mengurangi tekanan di bagian tulang panggul. Dengan guling, diketahui sangat berguna bagi orang yang memiliki masalah di  bagian punggung terutama skoliosis.

6. Mengurangi rasa sakit pinggang

Selain menyembuhkan nyeri pada punggung, guling juga digunakan untuk mengurangi resiko sakit pinggang.

Dengan posisi badan miring sambil memeluk guling, seseorang secara tidak sadar telah mendistribusikan berat badannya ke sepanjang sendi dan membuat pundak serta lutut anda menjadi lebih nyaman.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.