Tingkat Kecerdasan Anak Diwarisi dari Ibu?

0

Seruni.id – Didapatkan hasil dari penelitian bahwa faktor genetik ibu sangat mempengaruhi tingkat kecerdasan anak. Oleh karena itu, para pria sebaiknya mencari istri yang cerdas.

Dilansir oleh Kompas, sebuah riset yang dipublikasikan oleh Psychology Spot menyatakan bahwa setiap bayi yang lahir memiliki kondisi gen yang berbeda-beda, tergantung dari genetik ayah dan ibu.

Dari hasil riset tersebut, didapatkan hasil bahwa tingkat kecerdasan dari seorang anak hanya diturunkan dari pihak ibu.

Selama ini, banyak yang berpendapat bahwa kecerdasan anak datang dari pola asuh ayah dan ibu yang tepat. Namun, terkait tingkat kecerdasan, tidak selalu begitu. Pasalnya, gen cerdas terbentuk dari kromosom X dan wanita membawa dua kromosom tersebut. Hal tersebut bisa diartikan bahwa wanita dua kali berpeluang mewariskan kecerdasan pada anak ketimbang kromosom X dari pria.

Kemudian, penelitian juga menyatakan bahwa jika tingkat kecerdasan ayah lebih tinggi daripada ibu, tetapi kesempatan untuk bisa diturunkan ke anaknya sangat kecil.

“Jika gen cerdas diwariskan dari gen ayah dan ibu maka gen ayah gugur dan tidak aktif,” tulis hasil studi.

walaupun ada beberapa gen tertentu dari ayah yang aktif turun pada anak, tetapi bukan gen cerdas.

Bukti lain yang mendukung riset yang dipublikasikan oleh Psychology Spot, diungkapkan oleh The Medical Research Council Social and Public Health Sciences Unit di AS pada tahun 1994 silam dan mempelajari 12.686 responden berusia 14 hingga 22 tahun.

Fokus studi tersebut adalah IQ anak, ras, edukasi, dan status sosial ekonomi. Dalam penelitian tersebut juga didapatkan hasil yang menegaskan bahwa gen cerdas pada anak diturunkan dari pihak ibu.

LEAVE A REPLY