Tips Cegah Bau Mulut Saat Berpuasa

0
bau mulut
Ilustrasi Bau Mulut

Seruni.id – Ramadan telah tiba. Di bulan penuh berkah ini, umat Islam diwajibkan untuk berpuasa. Saat berpuasa merupakan fenomena umum jika mulut menjadi bau. Lalu, bisakah mencegak bau mulut saat berpuasa?

Seperti yang diketahui, saat berpuasa selama kurang lebih 12 jam, tak ada makanan dan minuman apa pun yang dikonsumsi sehingga membuat aroma mulut menjadi kurang sedap. Hal tersebut dikarenakan kurangnya produksi ludah dan lambung yang kosong.

Kurangnya produksi ludah dan lambung yang kosong seringkali membuat aroma mulut kurang sedap. Terlebih, sisa-sisa makanan yang terselip di antara gigi, makin menambah bau mulut semakin menjadi-jadi.

Terkait bau mulut tersebut, dosen Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) Universitas Indonesia, drg. Nada Ismah menyatakan pentingnya sikat gigi, khususnya setelah sahur untuk mencegah mulut menjadi bau.

Baca juga: Bukan karena Produksi Keringat Berlebih, 4 Hal Tak Terduga ini Juga Sebabkan Bau Badan Berlebih

“Tips penting saat bulan puasa yaitu sikat gigi khususnya setelah sahur. Karena khawatir ada makanan yang terselip dan menimbulkan bau mulut,” ujar drg. Nada Ismah saat ditemui di kawasan Jakarta Pusat, Jumat 18 Mei 2018, seperti yang dilansir oleh Viva.

Nada menuturkan bahwa sumber bau yang paling utama berasal dari makanan sisa yang terselip dan menjadi plak di gigi. Biasanya, sisa makanan ini akan membusuk dan membuat aroma mulut semakin tak menyenangkan.

“Karena sisa makanan yang menempel di gigi makin membusuk dan membuat bau mulut menjadi semakin aneh,” ujar Nada.

Apalagi jika terdapat gigi berlubang yang menjadi sarang dari berkembangbiaknya kuman pemicu bau mulut. Peradangan yang ada di sekitar gusi juga bisa menjadi penyebab aroma tak sedap dari mulut saat berpuasa.

Nada juga menuturkan bahwa mengomsumsi air putih saat sahur dan berbuka sangat dianjurkan untuk mencegah gangguan kesehatan mulut.

“Baiknya jika ada kerusakan pada gigi, coba ke dokter gigi dulu sebelum puasa untuk ditambal atau sekadar membersihkan karang gigi aja. Paling penting juga perbanyak minum air putih saat puasa untuk cegah gangguan kesehatan mulut dan gigi, sehingga berujung pada pencegahan bau mulut,” kata Nada.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.