6 Tips Membuat Ketupat Agar Tahan Lama

0
oomph.co.id

Seruni.id – Saat Lebaran kurang lengkap rasanya bila belum menyajikan ketupat. Namun, seringkali ketupat tidak langsung habis dalam satu hari. Untuk menghindari ketupat basi dan terbuang sia-sia, simak cara berikut untuk membuat ketupat agar tahan lama.

Image result for Gantung Ketupat dan Angin-anginkan
bukalapak.com

Ketupat merupakan salah satu sajian khas yang tak boleh terlewatkan saat hari raya tiba. Makanan dengan bahan beras yang dibungkus dengan janur atau daun kelapa yang masih muda ini pasti jadi incaran saat keluarga berkumpul dan merayakan hari raya. Tapi ketupat pun juga butuh perlakuan yang tepat agar tak cepat basi. Ketupat bisa bertahan lama dan bisa dimakan kapan pun jika kamu tahu cara menyimpannya. Tak butuh bahan-bahan kimia pengawet kok jika ingin ketupat agar tahan lama atau tidak mudah basi. Hanya tips ini yang kamu butuhkan.

Pemilihan Beras

Related image
coklatkita.com

Untuk membuat ketupat agar tahan lama dan juga enak, pastikan terlebih dahulu beras yang kamu gunakan berkualitas bagus dan bermutu. Cuci beras yang akan digunakan hingga bersih agar ketupat bertekstur lembut dan tidak cepat basi. Setelah dicuci sebaiknya direndam selama 30 menit, lalu tiriskan.

Baca Juga: Cara Membedakan Beras Pandan Wangi Asli dengan Palsu

Pengisian Ketupat

Image result for Pengisian Ketupat
bukalapak.com

Isilah kulit ketupat dengan beras yang sudah dicuci bersih dengan ukuran 1/3-2/3 dari tinggi kulit ketupat. Jika kamu mengisinya terlalu banyak, hasilnya ketupat akan mengeras dan menjadi kurang matang, sedangkan jika mengisinya terlalu sedikit ketupat akan menjadi lembek.

Masak Hingga Benar-benar Matang

Image result for Masak ketupat Hingga Benar-benar Matang
diahdidi.com

Jika ingin membuat ketupat agar tahan lama, kamu harus merebusnya hingga benar-benar matang, ya. Waktu yang dibutuhkan untuk masak ketupat agar matang sempurna umumnya 4-5 jam. Jika ketupat matang sempurna, risiko basi juga semakin kecil. Perebusan yang lama akan mematikan bakteri hingga bagian dalam ketupat. Jika matang sempurna, ketupat tak mudah berair dan lembek. Dan selama dimasak, pastikan ketupat terendam semua, agar matangnya merata.

Siram dengan Air Dingin

Related image
mimherba.com

Setelah ketupat padat dan matang sempurna. Matikan api, ambil ketupat dari air rebusan dan siram ketupat dengan air dingin. Cara ini bukan hanya akan membersihkan sisa air rebusan, tapi juga menghilangkan kotoran atau lendir daun yang menempel dan berpotensi membuat ketupat mudah basi.

Tiriskan Hingga Kering

Related image
jiwahakir.blogspot.com

Meniriskan ketupat hingga kering juga menjadi cara agar ketupat tahan lama, loh. Setelah disiram, tiriskan di tampah atau wadah yang luas dan biarkan hingga kering. Taruh di tempat yang mudah terkena udara, karena ketupat lebih cepat basi jika mengandung banyak air.

Gantung Ketupat dan Angin-anginkan

Related image
redwiretimes.com

Menggantung ketupat di udara terbuka ternyata jadi acara terbaik menyimpan ketupat agar tahan lama. Biarkan ketupat digantung dan diangin-anginkan. Cara ini bisa membuang sisa air, biarkan menetes sehingga daun ketupat kering.

Karena ketupat terbuat dari daun kelapa yang dianyam sehingga padat tertutup, cara ini sebenarnya juga membantu membuat ketupat terlindungi dari bakteri. Dan tips di atas sangat membantu membuat ketupat agar tahan lama dan bisa dimakan tanpa takut cepat basi. Ketupat bisa bertahan paling tidak 4 hari.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.