6 Tips Menghemat Penggunaan Gas LPG

0
sukamasak.com

Seruni.id – Gas bisa dikatakan termasuk salah satu kebutuhan pokok. Karena hampir di setiap rumah orang sudah memasak menggunakan kompor gas. Lalu, bagaimana cara menghemat penggunaan gas LPG? Menghemat penggunaan gas LPG di dapur sebenarnya mudah dan sederhana. Nah, dengan menghemat penggunaan gas LPG didapur akan membuat anggaran belanja bulanan menjadi lebih irit. Ingin tahu bagaimana caranya, Moms? Berikut ini ada 6 tips menghemat penggunaan gas LPG yang bisa dilakukan dirumah.

Ukuran Api 

Sebaiknya gunakanlah api yang kecil dan tidak terlalu besar melebihi bagian atas dari penggorengan atau panci. Karena panas yang berlebih ini akan terbuang percuma.

Tutup Panci 

Nah, ketika merebus, usahan untuk selalu menutup panci tersebut. Cara ini mampu mempercepat proses pematangan karena uap yang dihasilkan tidak terbuang percuma dan juga bisa menghemat penggunaan gas LPG. Dan, disamping itu, nutrisi bahan pangan yang direbus tidak akan hilang.

Matikan Sejenak

Ketika menumis sayur, matikan api ketika sayuran masak setengah matang dan biarkan sayur tetap berada di dalam penggorengan, karena proses pematangan masih akan terus berlanjut sebagai akibat panas yang tersisa dari peralatan masak.

Baca Juga: Tips Memasak untuk Pemula

Gunakan Peralatan Masak yang Berbahan Stainless Steel

Memang di pasaran banyak panci dan wajan yang berbahan aluminium yang harganya lebih murah, juga yang berbahan enamel yang tampilannya lebih cantik. Tapi, sebenarnya kedua jenis logam tersebut bukan penghantar panas yang baik. Penghantar panas terbaik adalah stainless steel. Dengan menggunakan perangkat masak berbahan stainless steel makanan akan lebih cepat matang.

Jangan Memasak Daging Terlalu Lama 

Bahan makanan paling boros menggunakan gas adalah daging, terutama yang bertulang seperti buntut atau iga. Jadi, jika kita hendak memasak daging, sebaiknya manfaatkan pressure cooker. Sebagai perbandingan, memasak buntut atau iga sampai empuk tanpa menggunakan pressure cooker biasanya membutuhkan waktu hingga 2 jam. Sementara dengan menggunakan pressure cooker, hanya membutuhkan waktu 50 menit saja daging sudah empuk.

Sesuaikan Ukuran Alat Masak dengan Bahan yang Dimasak 

Gunakan perangkat masak yang ukurannya sesuai dengan porsi makanan yang akan dimasak. Jika porsi makanan yang akan dimasak kecil, jangan menggunakan panci atau wajan yang besar. Sebab, panci dan wajan yang besar membutuhkan waktu lebih lama untuk menjadi panas. Sehingga, penggunaan gas akan menjadi lebih banyak.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.