Tips Menghilangkan Pestisida Pada Buah

0
menghilangkan pestisida

Seruni.id – Pestisida merupakan zat pengusir hama tumbuhan yang kerap menempel pada permukaan sayur dan buah. Bahayakah pestisida pada buah? Lalu, bagaimana menghilangkan pestisida pada buah?

Para petani menggunakan pestisida dengan tujuan mengoptimalkan hasil budidaya suatu tanaman, namun terlalu banyak pestisida yang digunakan pada sayur atau buah dapat berdampak pada kesehatan tubuh.

Baca juga: Makan Buah di saat Perut Kosong

Oleh karena itu, berikut adalah beberapa cara untuk menghilangkan pestisida dari sayur ataupun buah :

  1. Cuka

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2003 dalam Journal of Food protection menemukan menghilangkan pestisida pada buah apel yang dicuci dengan cuka dan air dapat mengurangi jumlah bakteri salmonella pada kulit luarnya.

Caranya :

Tuangkan 1 Sdm cuka kedalam ½ liter air kemudian rendam buah tersebut selama 15-20 menit kemudian bilas sayur dan buah sampai bersih.

  1. Air Lemon

Lemon atau cairan asam sitrus yang dicampur dengan air merupakan antimikroba sehingga larutan ini dapat membasmi kuman dan bakteri yang ada pada sayur dan buah.

Caranya :

Campurkan 2sdm air lemon dengan ½ liter air hangat, gosok sayur dan buah secara perlahan selama 10-15 menit kemudian cuci dan tiriskan

  1. Air Garam

Bubuhkan 2sdm garam ke dalam ½ liter air hangat, rendam selama kurang lebih 20 menit kemudian cuci bersih dengan air yang mengalir.

  1. Bubuk Kunyit

Kunyit memiliki sifat antibakteri yang dapat membunuh kuman.

Caranya :

Larutkan 1sdt kunyit bubuk ke dalam ½ liter air, rendam sayur dan buah di dalamnya selama 15-20 menit kemudian angkat dan cuci hingga bersih.

  1. Baking Soda

Campuran air baking soda merupakan pembersih atau dapat menghilangkan pestisida yang paling baik karena dapat memecah molekul yang ada pada pestisida. Dalam  Journal of Agricultural and Food Chemistry menemukan bahwa air dengan baking soda adalah yang paling dapat membersihkan pestisida dari apel. Perlu waktu sekitar 12 menit untuk melunturkan thiabendazole sementara butuh 15 menit untuk mencuci phosmet.

Caranya :

Tambahkan 2sdm baking soda ke dalam ½ liter air hangat, cuci sayur dan buah sambil digosok-gosok selama 15-20 menit kemudian bilas dengan air yang mengalir.

  1. Sabun Food Grade

Tambahkan 1sdm sabun cuci piring yang berlabel “food grade”dalam wadah yang telah berisi air, gosok lembut seluruh permukaan sayur dan buah lalu diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas dengan air mengalir hingga bersih.

 

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.