Tips Mudah Merebus Kacang Hijau Agar Cepat Empuk

0
gerobaksoleh.com

Seruni.id – Para ibu rumah tangga sebenarnya sudah tahu jika kacang hijau merupakan salah satu bahan pangan yang “all in one”, sangat multi guna. Dengan kandungan dan nilai gizinya yang begitu beragam dan begitu tinggi menjadikan kacang hijau tidak hanya bermanfaat untuk sumber kalori dan penambah tenaga, kacang hijau juga sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh lainnya.

Untuk mengonsumsi kacang hijau sendiri, ada banyak masakan yang terbuat dari kacang hijau. Mulai dari bubur, kecambah atau air rebusan kacang hijau serta rempeyek. Tapi yang paling mudah, mengonsumsi kacang hijau adalah dengan merebusnya dan mengolahnya menjadi bubur. Dan demi dapatkan kacang hijau yang mudah empuk saat direbus, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan lho, Moms. Apa saja tipsnya?

Rendam Kacang Hijau

Sebelum direbus, pastikan untuk merendam kacang hijau kira-kira selama 3 sampai 4 jam atau lebih. Merendam kacang hijau bisa membuat butir-butir biji kacang hijau mekar dengan baik dan lebih cepat empuk saat direbus.

Masukkan Kacang Hijau Saat Air Sudah Mendidih

Usahakan agar memasukkan kacang hijau di dalam panci saat air di dalam panci sudah mendidih. Air yang telah mendidih bisa membuat kacang hijau atau bahan masakan lain bisa lebih cepat empuk, matang dan nutrisinya tidak jauh berkurang.

Atur Panas Api

Atur panas api dengan tepat. Jangan terlalu redup dan jangan pula terlalu panas. Gunakan api sedang yang stabil untuk dapatkan kacang hijau rebus yang empuk sempurna dan merata.

Tambahkan Gula & Garam Saat Kacang Hijau Mekar

Pastikan untuk tidak memasukkan gula atau garam saat kacang hijau belum mekar. Ini bisa membuat kacang hijau awet keras dan sulit empuk. Kalau pun ingin membuat bubur kacang hijau atau memberi rasa pada kacang hijau, tambahkan gula dan garam saat kacang hijau sudah empuk dan mekar.

Related image
www.halhalal.com

Itulah tips merebus kacang hijau agar lebih cepat empuk dan matang merata. Semoga tips ini bermanfaat.

LEAVE A REPLY