Turunkan Kolesterol Jahatmu dengan Ini!

0

Seruni.id – Momies, tahukah kamu bahwa dalam tubuh kita terdapat dua jenis kolesterol, yaitu kolesterol jahat (LDL) dan kolesterol baik (HPL). Nah, kadar kolesterol jahat (LDL) yang tinggi disebut dengan hiperkolesterolemia.

Kolesterol jenis ini bisa meningkatkan risiko penyakit jantung. Siapa saja dapat menderita koleseterol tinggi dan jika tidak segera ditangani maka bisa menyebabkan komplikasi kesehatan seperti stroke dan serangan jantung.

Dilansir dari beberapa lama,  bahwa ada beberapa makanan yang bisa menurunkan kolesterol dengan cepat. Apa sajakah itu ?

1.Oatmeal

Oatmeal adalah jenis sarapan yang populer saat ini.Kandungan serat dalam oatmeal bisa menurunkan kolesterol jahat (LDL).

2.Jus jeruk

Periset menemukan bahwa jus jeruk dapat memperbaiki lipid darah pada orang yang menderita kolesterol tinggi.Hal ini disebabkan adanya vitamin C, folat dan flavanoid dalam jeruk.

3.Almond

Almond mengandung lemah tak jenuh tunggal yang membantu meningkatkan lemak baik dan menurunkan lemak jahat.Sebuah studi mencatat bahwa konsumsi almond setiap hari membantu mengurangi kadar lemak LDL hingga 3 sampai 9 persen.

Almond adalah camilan sehat yang bisa ditambahkan ke dalam salad dan oatmeal.

4.Salmon

Salmon mengandung asam lemak omega-3 yang disebut EPA dan DHA yang memberikan perlindungan terhadap kolesterol tinggi.

Salmon membantu menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol HDL.Dengan mengonsumsi 2 porsi salmon setiap minggu bisa membantu menjaga kesehatan jantungmu.

5.Teh hijau

Minuman ini dapat mencegah penyerapan kolesterol di saluran pencernaan dan juga membantu proses ekskresi.Selain itu teh hijau juga bermanfaat untuk mencegah penumpukan plat di arteri.

6. Anggur merah
Para peneliti menyarankan untuk mengonsumsi anggur merah atau wine kerena baik untuk kesehatan.

Sebuah studi yang dilakukan oleh departemen metabolisme dan nutrisi di Universidad Complutense de Madrid, Spanyol menemukan ketika seseorang mengonsumsi suplemen anggur merah yang sama dengan red wine kadar kolestrol mereka menurun sebesar sembilan persen. Sedangkan seseorang yang memiliki kolestrol tinggi kadar kolestrol mereka akan turun sebesar dua belas persen.

7. Biji-bijian
Periset dari Politeknik Universitas Negeri Arizona menemukan bahwa setengah cangkir biji-bijian yang dicampurkan ke dalam sup mampu menurunkan kolestrol total termasuk kolestrol buruk sampai delapan persen. Biji-bijian ini mengandung serat yang terbukti memperlambat penyerapan kolestrol.

8. Cokelat
Cokelat yang memiliki antioksidan kuat ini membantu menbangun kadar kolestrol baik. Dalam sebuah studi yang dipublikasikan AJCN peserta yang diberi bubuk kakao memiliki peningkatan kolestrol baik hingga 24 persen selama dua dua belas minggu. Pilihlah cokelat yang gelap dan pahit, dibandingkan dengan cokelat susu karena mengandung antioksidan tiga kali lebih banyak.

9. Minyak zaitun
Minyak zaitun yang penuh dengan lemak tak jenuh ini sangat baik untuk tubuh dan mampu menurunkan kadar kolestrol jahat. Gunakan minyak zaitun untuk membuat salad atau memasak makanan lainnya.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.