Mengapa Wanita Cenderung Lebih Gemuk Setelah Menikah? Begini Penjelasannya

0
kamuswanita.co

Seruni.id – Pernikahan memang bisa mengubah kehidupan, mulai dari hal yang sederhana sampai urusan bentuk tubuh. Apakah kamu semakin cantik atau malah kamu semakin gemuk karena kamu cuek dengan penampilan karena sudah menikah? Sebenarnya, apa sih penyebab wanita cenderung lebih gemuk setelah menikah? Berikut uraiannya:

1. Diet yang Salah

Image result for 1. Diet yang Salah
Starberita.com

Hal pertama yang menyebabkan mengapa wanita cenderung berubah menjadi lebih gemuk ketika sudah menikah adalah faktor diet yang salah. Biasanya sebelum menikah kebanyakan wanita melakukan diet ketat dan menjauhi beberapa makanan. Namun ketika sudah menikah, kebanyakan wanita justru tidak mengontrol makanannya dan yang paling parah mereka tidak lagi melakukan diet.

2. Tidak Ada Waktu Sendiri

Image result for sibuk mengurus anak dan suami
titharahma.26.blogspot.com

Saat belum menikah, wanita memiliki banyak me time atau waktu luang untuk dirinya sendiri. Namun, setelah menikah perhatian mereka berubah, biasanya wanita yang telah menikah waktunya lebih banyak dihabiskan untuk mengurus suami dan anak.

3. Kehamilan

Related image
lifestyle.okezone.com

Kehamilan mungkin jadi penyebab paling sering kenapa wanita lebih gemuk setelah menikah. Biasanya ketika telah melahirkan. Wanita cenderung lebih sulit menurunkan berat badan. Tentu karena mengurus anak menjadi lebih penting dibandingkan mengurus diri sendiri.

Baca Juga: 5 Mitos Ciri-ciri Hamil Anak Perempuan

4. Makanan

Image result for makanan
aladokter.com

Ada perbedaan besar mengenai kualitas makanan yang dimasak sendiri dan yang dibeli di restoran atau warung makan. Jika memasak sendiri, setidaknya kamu dapat mengontrol bahan dan kandungan makanan. Sebaliknya, makanan yang dibeli di restoran dan warung, biasanya mengandung bahan atau bumbu yang berlebihan demi citarasa yang lebih sedap.

Jadwal padat dan sibuk mengurus keluarga, membuat banyak wanita memilih makanan dari luar karena alasan yang lebih praktis dan tidak merepotkan. Akhirnya, hal ini berimbas pada berat badan yang mengalami peningkatan.

5. Jarang Bergerak dan Olahraga

Image result for cewek pemalas
paparsemar.com

Ubahlah kebiasaan buruk ini. Ingat, melakukan pekerjaan rumah hanyalah aktivitas yang menuntut banyak gerakan, berbeda dengan olahraga yang bertujuan untuk membentuk bagian tubuh tertentu. Hal yang terpenting pasca menikah bagi wanita adalah tetap mencintai dirinya sendiri. Meski memiliki keluarga sebagai prioritasutama, tapi merawat diri sendiri juga penting dan bagian dari penghargaan untuk diri sendiri.

6. Hormon

Related image
womantalk.com

Perubahan hormon juga dapat menyebabkan wanita lebih gemuk setelah menikah. Tercatat ada enam hormon menurut medis yang mempengaruhi berat badan wanita, hormon testosteron, kortisol, insulin, progesteron, teroid, dan estrogen. Hal ini sangat erat berkaitan dengan siklus menstruasi dan kehamilan.

7. Pengaruh Pasangan

Image result for cewek gemuk makan berdua dengan pasangan
wolipop.detik.com

Menurut penelitian hal yang paling besar mempengaruhi wanita menjadi lebih gemuk setelah menikah adalah keputusan mengenai makanan oleh pasangan. Dua faktor yang paling sering menjadi penyebabnya adalah sering makan diluar bersama pasangan dan makan camilan di rumah saat menonton acara televisi sampai berjam-jam.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.