Waspada Kepala Vertigo !

0

Seruni.id – Pernahkah Momies mengalami sakit vertigo? Vertigo adalah kepala pusing berputar yang disebabkan oleh gangguan pada otak atau pada alat keseimbangan di telinga. Lalu apa yang harus dilakukan ketika vertigo menyerang?

Karena sumbernya terletak di kepala, langkah yang harus dilakukan kala terserang vertigo ialah dengan mengupayakan kepala untuk berada dalam kondisi statis sembari menarik napas dalam.

“Saat vertigo menyerang sebaiknya memang diusahakan agar kepala tidak banyak bergerak, dan berusaha untuk merilekskan pikiran,” tutur dr Yuda Turuna, dokter di Departemen Neurologi Fakultas Kedokteran UNIKA Atmajaya.

Menambahkan jawaban dr Yuda, dr Arie Cahyono mengatakan bahwa orang yang terserang vertigo harus diistirahatkan dalam posisi duduk tegak dengan pandangan lurus ke depan. Jika dirasa perlu, mata pasien vertigo bisa ditutup sebentar. Langkah ini dilakukan untuk menstabilkan keseimbangan.

Bagaimana dengan menidurkan orang yang mengalami vertigo? Dokter spesialis THT di Rumah Sakit Premier Bintaro itu berujar, menidurkan orang yang terserang vertigo bukanlah langkah yang tepat. Sebab vertigo akan semakin menjadi dan penderita akan semakin pusing.

“Jangan ditidurkan dalam posisi telentang, karena ini bisa membuat semakin pusing. Boleh ditidurkan asal dengan bantal yang lebih tinggi, sehingga posisi tidurnya tidak lurus,” papar dr Arie ketika berbicang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (5/3/2014).

Pijat kedua daun telinga sembari melakukan senam pernapasan selama 15-30 menit. Ambil napas dalam-dalam dan hembuskan perlahan, agar tubuh dapat terasa rileks dan santai.

Kambuhnya penyakit vertigo juga bisa membuat seseorang jatuh mendadak. Oleh karena itu, amankan area sekitar dari barang-barang berbahaya seperti benda tajam, benda beracun atau benda-benda berat.

Bahaya mengancam nyawa mungkin terjadi jika vertigo menyerang seseorang yang sedang mengendarai kendaraan bermotor. Serangan vertigo dapat membuyarkan konsentrasi sekaligus pandangan hingga menyebabkan kecelakaan. Untuk menghindarinya, sebaiknya pengendara yang terserang vertigo menepikan kendaraannya. Hal ini dilakukan untuk keselamatan diri sendiri sekaligus orang di sekitar.

Selain itu, penderita vertigo sebaiknya memeriksakan diri atau berkonsultasi pada dokter. Dengan demikian, dokter dapat memeriksa penyebab sakit kepala yang sekaligus memberikan penanganan yang tepat.

 

-dari berbagai sumber-

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.