Wow, Kampung Pelangi Semarang Bikin Kagum Para Dubes Eropa

0

Seruni.id – Hari ini, rombongan Duta Besar negara-negara anggota Uni Eropamengunjungi Kampung Pelangi di Kota Semaran. Para Duta besar tersebut mengagumi keberadaan wisata Kampung Pelangi. Mereka memang secara khusus mendatangi destinasi wisata yang berada di kelurahan Randusari itu, Rabu 24 Januari 2018.

Rombongan para Duta Besar tersebut tiba sekitar pukul 15.30 WIB. Adapun yang datang terdiri dari 14 delegasi negara-negara Eropa dan dipimpin langsung oleh Dubes Uni Eropa untuk Indonesia, Vincent Guerent. Tiba di kampung warna-warni itu, rombongan disambut sejumlah warga yang antusias akan kedatangan para turis asal 15 negara tersebut.

“Ini kota yang menarik. Kampung Pelangi adalah kampung yang indah dan penuh kehidupan,” kata Dubes Vincent sembari mengunjungi sejumlah rumah di kampung tersebut.

Vincent menceritakan bahwa Uni Eropa sendiri selama ini memiliki program yang memfasilitasi pertukaran pengalaman dengan kota-kota Indonesia di Eropa. Selain Semarang, Uni Eropa juga menjalin kerja sama dengan Makassar.

“Ini adalah bagian perkotaan di Uni Eropa, untuk mewujudkan pembangunan perkotaan berkelanjutan,” tutur Vincent.

Salah seorang dari rombongan, Saniya, membandingkan Kampung Pelangi dengan Kota Zagreb di Kroasia. Selain mengagumi Kampung Pelangi, Saniya berharap negaranya di masa yang akan datang akan menjalin kerja sama khususnya untuk pembangunan Smart City Kota Semarang.

“Tidak terbayangkan saya berada di Semarang. Awalnya saya berpikir tidak ada kesamaan dengan Zagreb di Kroasia. Tapi setelah mengenal Semarang banyak kesamaan. Dan indah sekali kampung ini, ” kata Saniya.

***

Pada awalnya, Kampung Pelangi sendiri merupakan sebuah daerah kumuh dengan total penduduknya sebesar 2.260 jiwa. Saat ini, Kampung Pelangi dilewati Kali Semarang memiliki dan memiliki luas empat hektare dengan 391 bangunan itu, mendunia. Kampung ini dicanangkan sebagai kampung bercat warna-warni oleh Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, pada 15 April 2017 lalu.

Hendrar juga memperkenalkan program ‘Outstanding Semarang’ sebagai upaya untuk menarik wisatawan datang ke Kota Semarang. Selain Kampung Pelangi, juga ada Gereja Blenduk Kota Lama sebagai ikon bangunan Heritage di Kota Semarang. Kawasan Kota Lama Semarang, dalam dua tahun terakhir ini telah ditata menjadi sangat indah.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.