6 Khasiat Mangga, Buah Manis yang Sedang Populer

0

Ngelmu.co – Ssat ini, mangga dapat dikatakan menduduki peringkat pertama sebagai buah terfavorit di Indonesia. Istilahnya buah yang sedang hits saat ini.

Peerhatikan saja jumlah kafe yang menjadikan jus mangga sebagai menu utamanya. Mulai dari King Mango, Mango Bomb, Waiway, Go Mango, Mango Mango, dan masih banyak lagi lainnya.

Kafe-kafe tersebut bermunculan bak jamur di musim hujan. Mereka menyajikan jus mangga segar dengan campuran whipped cream dan potongan mangga di atasnya.

Harga yang dibanderol untuk segelas besar jus mangga pun tidak main-main, berkisar Rp 40 ribu sampai Rp 50 ribuan. Mangga kini naik kelas jadi buah elit yang beredar di mal-mal dan pusat perbelanjaan Ibu Kota.

Seperti yang telah diketahui dan yang diakui, mangga adalah buah berdaging oranye yang memiliki rasa yang manis dan lezat. Dalam hal ini, jenis mangga yang jadi favorit adalah mangga Harumanis yang memang terkenal dengan manisnya.

Ternyata tidak hanya sedang jadi tren di Indonesia, terutama untuk anak mudanya, tapi mangga juga mengandung begitu banyak manfaat untuk tubuh kita loh, Moms.

Mangga kaya akan serat dan tinggi vitamin C. Selain itu, mangga juga kaya vitamin A, zat besi, kalium, dan protein. Buah seukuran telapak tangan manusia ini juga mengandung gula alami yang aman bagi kesehatan.

Berikut ini rangkuman sederet manfaat mangga bagi kesehatan manusia. Yuks disimak ya Moms, yang lagi jadi favorit yang mungkin termasuk favoritnya anak-anak kita.

1. Memperkuat Kekebalan Tubuh

Dikarenakan kaya vitamin C dan A, maka tidaklah mengherankan bahwa mangga ampuh melawan bakteri penyebab flu, pilek, dan sariawan. Selain itu, mangga juga ampuh untuk menjaga stamina tubuh agar tak gampang sakit. Dengan mengonsumsi 150 gram mangga, maka kebutuhan asupan vitamin c harian pada anak sudah tercukupi dengan baik loh Moms.

2. Mempercantik Kulit

Khasiat baik vitamin C dan A yang terkandung dalam mangga juga berkhasiat menjaga kulit tetap cerah dan menghaluskan kulit. Mangga juga berguna untuk merangsang produksi kolagen yang menyehatkan kulit kamu. Mangga juga mengandung enzim dan phenol yang tinggi khasiat.

3. Memperkuat Daya Ingat

Ternyata mangga memiliki fungsi yang baik bagi otak loh Moms. Hal ini dikarenakan tingginya kadar glutamin yang terkandung pada mangga. Inilah yang jadi alasan mengapa mangga baik dikonsumsi oleh anak-anak.

4. Mencukupi Asupan Kalium

Dalam 100 gram mangga, terkandung 189 miligram kalium. Dengan mengonsumsi beberapa buah mangga setiap hari, maka kebutuhan kalium sebesar 400 miligram/hari tercukupi. Fungsi kalium sendiri adalah untuk mencegah stroke, menstabilkan gula darah, mencegah gangguan otot, mencegah kram, menormalkan tekanan darah, dan membantu metabolisme manusia.

5. Menurunkan Risiko Kanker

Adapun manfaat baik mangga bagi kesehatan lainnya adalah antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang tinggi tersebut ampuh mencegah kanker. Seperti kanker usus, kanker payudara, leukimia, dan prostat.

6. Meringankan Diabetes

Ternyata selain buahnya, daun mangga juga sangat berkhasiay bagi tubuh kita. Tahukah kamu bahwa daun mangga berkhasiat menurunkan kadar insulin dalam darah?

Hal yang perlu dilakukan hanya merebus lima helai daun mangga dan merendamnya sepanjang malam. Minum air rebusan daun mangga di pagi hari mampu menstabilkan kadar insulin darah karena glikemiknya yang rendah.

 

 

Arum Afriani Dewi

LEAVE A REPLY