7 Manfaat Air Beras untuk Kesehatan Tubuh

0

Seruni.id – Beras merupakan kebutuhan pokok masyarakat Indonesia. Sebagian besar masyarakat Indonesia setiap harinya mengkonsumsi beras yang diolah menjadi nasi.

Bahkan ada yang mengkonsumsi nasi sebanyak 3 kali dari sehari. Karena untuk sebagian besar masyarakat Indonesia merasakan mereka belum makan jika belum makan nasi.

Sebelum dimasak, beras harus dicuci terlebih dahulu untuk membersihkan segala kotoran dan debu yang menempel. Nah pada umumnya, air cucian beras dibuang atau dibiarkan mengalir begitu saja pada saluran air.

Ternyata ya Moms, air cucian beras tersebut banyak manfaatnya lho. Sebaiknya air cucian beras tersebut jangan dibuang, Moms. Air beras sejatinya memiliki segudang manfaat baik bagi kesehatan tubuh.

Air cucian pertama biasanya yang paling banyak mengandung kotoran, kulit beras, dan debu, sehingga baiknya dibuang saja. Jika sudah lebih bersih dan putih, air cucian yang kedua atau ketiga itu bisa Anda tampung dalam sebuah wadah. Namun jika beras yang Anda gunakan adalah beras kualitas bagus dan bersih, maka air cucian pertamanya banyak mengandung manfaat.

Tidak percaya? Masa iya air beras bermanfaat?

Yuks Moms, simak penjelasan tentang manfaat kesehatan air beras berikut ini!

Meredakan Diare 

Masih sedikit yang tahu tentang manfaat super air beras yang satu ini. Air beras mengandung banyak zat yang baik bagi tubuh. Seperti asam amino, antioksidan, vitamin, hingga mineral. Oleh karena itu, air beras ampuh menenangkan usus. Efek baik ini juga mujarab, efektif, dan aman untuk digunakan pada bayi agar terhindar dari diare.

Jadi, jika ingin terhindar dari diare, konsumsi air beras secara rutin, ya Moms!

Menyehatkan Otak

Selain bermanfaat untuk menenagkan usus dan kulit karena mengandung asam amino, antiokidan, vitamin, dan mineral ini, ternyata air beras juga baik bagi otak.

Air beras terbukti secara klinis mampu menutrisi otak manusia. Nutrisi dari air beras ini dapat mengurangi risiko pikun dan alzheimer. Inilah alasan mengapa banyak orang tua suka sekali mengkonsumsi air beras.

Mencegah Sembelit

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, air beras mengandung banyak zat yang baik bagi tubuh. Seperti asam amino, antioksidan, vitamin, hingga mineral. Selain itu, air beras pun mengandung pati. Oleh karena itu, air beras ampuh menenangkan usus.

Nah, karena itu, air beras sejatinya ampuh mencegah sembelit. Air beras mengandung pati yang bisa melancarkan saluran pencernaan. Selain itu, air beras juga mampu merangsang pertumbuhan bakteri baik yang menguntungkan usus.

Menetralkan Suhu Tubuh

Ketika kamu terkena demam, suhu tubuh otomatis akan meningkat. Untuk menormalkan suhu tubuh, kamu bisa coba mengonsumsi air beras pada pagi hari.

Air beras juga bisa berfungsi untuk mengganti nutrisi yang hilang dan mencegah tubuh kekurangan cairan. Kamu pun jadi lebih cepat sembuh!

Membantu Pembentukan Otot

Siapa bilang kamu harus minum susu protein yang mahal untuk memiliki otot yang besar? Nyatanya, kandungan amino acid pada air beras bisa membantu otot terbentuk lebih cepat. Jika kamu sedang dalam misi membentuk tubuh, jangan lupa untuk minum segelas air beras setiap hari.

Memperkuat Rambut

Air beras ternyata juga bermanfaat untuk membantu pertumbuhan rambut. Kandungan inositol yang ada dalam air beras terbukti memperkuat elastisitas rambut, mencegah rambut bercabang, serta menjadikan rambut lebih sehat dan berkilau. Selain itu, air beras juga ampuh memperkuat akar rambut.

Menyehatkan Kulit Wajah

Beras sendiri memang memiliki banyak kandungan bermanfaat. Adapun yang mendominasi dalam komposisi beras adalah pati (80%). Sisanya ada protein, beberapa vitamin, mineral dan lainnya.

Nah, bahan-bahan ini ada yang turut larut jika Anda mencuci beras sebelum dimasak. Dengan memakainya sebagai masker atau mencuci muka dengan airnya, maka dipercaya kondisi kulit akan terlihat lebih cerah. Noda bekas jerawat juga dapat menipis, bahkan hilang dengan pemakaian teratur.

Untuk mendapatkan manfaat-manfaat seperti yang di atas, kamu hanya perlu meminum air beras, menjadikan air beras sebagai masker atau kondisioner setelah keramas.

Mudah, murah, dan banyak manfaatnya kan, Moms.

 

Arum Afriani Dewi

Dari berbagai sumber

LEAVE A REPLY