6 Cara Menolak Keinginan Anak dengan Halus dan Lembut

0
google.co.id

Seruni.id – Menuruti semua keinginan anak, artinya kita tidak sayang dengan mereka. Karena, dengan membiasakan diri mengiyakan permintaannya, akan membuat anak menjadi manja dan terbiasa mendapatkan apa yang dia inginkan dengan mudah. Padahal, tidak selamanya apa yang diinginkan itu dibutuhkan anak. Namun, orang tua juga perlu tahu bagaimana cara menolak keinginan anak dengan halus dan lembut.

Related image
parents.com

Bukan hanya mengatakan tidak dengan sembarang cara, karena jika orang tua terlalu keras, bisa-bisa anak justru menjadi sosok yang membangkang, dan meminta dengan cara yang membabi-buta. Jadi, kamu bisa ikuti tips yang kali ini akan Seruni bagikan, yakni cara menolak keinginan anak dengan halus.

Tanyakan Alasannya

Jika orang tua langsung bilang tidak saat anak meminta sesuatu, kemungkinan terbesar, anak akan mengamuk. Apalagi jika sedang berada di luar rumah, bisa-bisa anak tantrum dan membuat kehebohan. Jadi, cara menolak keinginan anak yang pertama adalah dengan mengajaknya berdialog, untuk menjelaskan alasannya menginginkan apa yang dia minta.

Hal ini akan membuat kita memahami apa yang menjadi dorongan anak menginginkan hal tersebut. Kalau memang tidak masuk akal, jelaskan pada anak jika dia tidak bisa mendapatkan barang tersebut, karena memang bukan kebutuhannya.

Ajak Bercanda

Terlalu keras pada anak juga akan menumbuhkan sikap membangkang. Jadi, cara menolak keinginan anak, cobalah untuk menenangkan hati dan melembutkan intonasi saat hendak berkata tidak padanya.

Baca Juga: Cara Mengatasi Anak Pemalu, Agar Bisa Akrab Saat Kumpul Keluarga

Agar suasana tidak tegang, ciptakan nuansa bercanda, agar ia bisa sejenak melupakan hasratnya untuk membeli barang tersebut. Terkadang, saat anak meminta sesuatu, lebih kepada dorongan impulsif saja, bukan benar-benar menginginkannya.

Ceritakan Pengalaman Masa Kecil

Cara menolak keinginan anak juga bisa dengan menceritakan pengalaman masa kecil dulu, bagaimana kita tidak selalu mendapatkan apa yang diinginkan. Sebagai orang tua, kita bisa membuka percakapan seperti,

“Mama dulu enggak bisa minta-minta sama Nenek kayak kamu gini, dulu Mama kalau mau sesuatu, harus menabung, nanti kalau tabungan Mama sudah cukup, baru Mama bisa mendapatkan apa yang Mama mau,”

Menolak keinginan anak dengan latar belakang cerita personal, akan membuat anak lebih bisa menerima secara logis, kenapa kita menolak untuk membelikan barang yang ia minta.

Buat Perjanjian

Salah satu cara menolak keinginan anak lainnya agar tidak perlu terjadi drama adalah dengan membuat perjanjian terlebih dahulu sebelum bepergian. Orang tua bisa mengingatkan anak, jika nanti kalian akan pergi ke tempat A, tapi tidak boleh merengek minta yang aneh-aneh. Adakan perjanjian dan kesepakatan sebelum berangkat, agar anak mengerti dengan jelas, dan tidak tantrum di tengah jalan.

Ajak Anak untuk Melakukan Hal Positif

Mengajak anak untuk melakukan hal positif saat dia menginginkan sesuatu, bisa jadi sebuah cara menolak keinginan anak, karena dengan merangsang anak untuk berusaha sebelum mendapatkan apa yang diinginkannya.

Baca Juga: Pak, Bu, Bagaimana Jika Anak Mulai Tertarik dengan Lawan Jenis?

Dia akan mengerti jika tidak ada orang yang berhasil mendapatkan sesuatu, tanpa berusaha terlebih dahulu. Ini yang perlu orang tua tekankan pada anak sebagai salah satu jalan merangsang kemandirian dan keinginan untuk berusaha sejak usia dini.

Memberikan Tantangan

Mungkin kita sering menganggap bahwa anak manja adalah mereka yang apa-apanya selalu dituruti, tanpa ada timbal balik dari anak. Maka, cara menolak keinginan anak adalah dengan mengetahui rumus rahasianya, yakni menantang anak untuk melakukan kegiatan positif yang kita harapkan.

Atau melakukan kewajiban tertentu. Nanti, jika dia sudah berupaya, memperlihatkan kemajuan, bahkan sudah berhasil menyelesaikan misinya, kamu bisa memberikan apa yang dia inginkan sebagai reward.

Image result for shireen dan anak
berita.baca.co.id

Jadi, mulai sekarang tidak perlu bingung lagi ya tentang bagaimana cara menolak keinginan anak dengan halus dan lembut.

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.