Jangan Pernah Unduh WhatsApp Plus!

0
WhatsApp Plus
WhatsApp Plus atau WhatsApp Gold

Ngelmu.co – Ladies, urgent untuk kita semua. Hati-hati dengan modus penipuan WhatsApp ya. Saat ini sudah muncul aplikasi WhatsApp palsu yang mencoba menarik perhatian pengguna, aplikasi tersebut bernama WhatsApp Plus. Jangan unduh aplikasi tersebut!

Langah awal untuk menarik perhatian pengguna, WhatsApp Plus menawarkan sejumlah fungsi dan fitur yang tak ada pada versi WhatsApp original. WhatsApp Plus hadir dengan logo berwarna emas, yang membuat pengguna tertarik untuk mengunduhnya. Dengan warna emas menggoda, maka aplikasi palsu ini juga dikenal dengan WhatsApp Gold.

Baca juga: Bagaimana Mengendalikan Gadget pada Anak

Dikutip dari Newsbytesapp, Senin 16 April 2018, WhatsApp Gold mengajak pengguna mengunduh sebagai file.apk. Saat pengguna mencoba untuk mengunduh file WhatsApp Gold ini, maka akan tertera informasi aplikasi WhatsApp Plus sudah usang dan meminta pengguna untuk mengunduh versi terbarunya.

Selanjutnya, pengguna diarahkan ke sebuah website yang seterusnya akan diminta untuk mengunduh ‘Watts Plus Plus WhatsApp’. Website yang ada ditulis dalam bahasa Arab. Dalam website tersebut, WhatsApp Plus dideskripsikan bisa menyembunyikan informasi saat pengguna menerima atau membaca teks. WhatsApp Plus juga bisa menyembunyikan informasi saat pengguna mengetikkan pesan dan termasuk saat dia menjalankan klip video.

Tawaran menggiurkan lainnya, pengguna bisa menggunakan WhatsApp Gold dengan empat nomor berbeda dari ponsel yang sama dan WhatsApp Gold juga bisa mengirimkan 100 foto dalam sekali kirim ke kontak pengguna.

Aplikasi WhatsApp palsu pihak ketiga ini bisa mengunduh perangkat lunak berbahaya di perangkat yang mampu melacak pengguna serta mencuri data dan file pribadi loh. Namun, belum jelas berapa banyak orang yang telah menjadi korban. Penelusuran yang dilakukan Telegraph tak menemukan adanya pembaruan WhatsApp Gold di Android maupun iOS. Adapun tautan situs yang menghadirkan pembaruan WhatsApp Gold menunjukkan laman error 404 ketika dicoba untuk dibuka.

Telegraph menyatakan bahwa aplikasi ini sama sekali tak ada kaitannya dengan layanan perpesanan Whatsapp milik Facebook. Bahkan, WhatsApp memblokir pengguna yang ingin mengunduh aplikasi palsu itu di perangkatnya.

Dalam sebuah pernyataan tertulis, pihak Whatsapp menegaskan bahwa WhatsApp Plus merupakan sebuah aplikasi yang tidak dikembangkan oleh WhatsApp dan sama sekali tak terkait dengan WhatsApp. WhatsApp Plus memiliki sejumlah source code yang tak mendapat jaminan aman dari WhatsApp, sehingga informasi pribadi berpotensi diberikan ke pihak ketiga tanpa autorisasi

WhatsApp Gold sebenarnya sudah pernah muncul dan mencoba mengelabui pengguna pada Mei 2016 lalu. Bahkan modusnya pun sama. Pada dua tahun lalu, WhatsApp Gold menipu pengguna dengan modus pembaharuan aplikasi.

LEAVE A REPLY