Kolesterol Tinggi Tidak Boleh Konsumsi Udang? Ini Loh Faktanya

0
konsumsi udang

Seruni.id – Salah satu kekayaan laut Indonesia adalah udang. Konsumsi udang, selain menjadi lauk pauk, juga dikonsumsi sebagai bahan makanan lain, contohnya terasi dan kerupuk.

Namun, udang yang merupakan makanan laut merupakan makanan yang kontroversi. Meskipun rasanya enak dan disukai bahyak orang, konsumsi udang diyakini membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Banyak yang mengatakan konsumsi udang mampu meningkatkan kolesterol, memicu alergi, hingga menimbulkan dampak racun bagi tubuh jika dikonsumsi berbarengan dengan jenis makanan tertentu, seperti kangkung dan jus jeruk. Padahal, faktanya tidak demikian loh.

Spesialis gizi klinis, dr Ida Gunawan,M.S, SpGK(K) menyatakan udang sebenarnya memiliki kadar nutrisi yang sangat tinggi dan bagus untuk kesehatan. Udang, selain kaya dengan protein, juga tinggi kadar antioksidannya.

Baca juga: Bingung Dalam Mengolah Udang? Coba 11 Resep Olahan Udang Berikut Ini Saja!

“Protein udang cukup tinggi dan baik bagi kulit, selain itu kadar kartenoid (astansatin) yaitu senyawa antioksidannya 500 kali lebih tinggi dari vitamin A dan E,” ujarnya.

Selain itu, dr Ida juga menepis segala rumor yang beredar soal buruknya konsumsi udang, yaitu salah satunya rumor yang menyatakan udang memicu alergi dan tinggi kolesterol. Ida menilai bahwa hal tersebut kurang tepat.

Menurut Ida, untuk pemicu alergi tergantung apakah orang tersebut punya riwayat alergi atau tidak. Ada beberapa orang yang alergi protein udang (100 gr udang mengandung 20 gr protein). Kalau tidak ada alergi, tidak masalah konsumsi udang. Kalau kolesterol, menurut dr Ida, kadar kolesterol dalam udang masih wajar, masih masuk dalam standar WHO jadi aman dikonsumsi

Dr Ida menyampaikan bahwa yuang juga rendah kalori, dikatakannya udang tidak bisa picu kegemukan, kecuali jika udang dimasak dengan digoreng atau ditambahkan komponen lain.

“Intinya tidak perlu khawatir konsumsi udang selama tidak berlebihan. Kalau kadar kolesterol tinggi sebaiknya cukup konsumsi 50-100 gr udang perhari (4 potong),” jelas dr Ida.

Baca juga: Masak Udang Anti Amis, Ini Tipsnya

Dialnsir dari hellosehat, lemak pada udang merupakan sumber lemak tak jenuh yang bagus untuk tubuh. Lemak tak jenuh dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol baik dalam darah.

Sama halnya dengan ikan, udang yang merupakan sumber makanan laut yang mengandung lemak baik omega 3, 6, dan 9 yang tergolong lemak baik. Lemak baik alami diketahui dapat mengurangi peradangan dan risiko penyakit jantung .

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.