Waspada! 5 Produk Sehari-hari ini Berbahaya untuk Anak

0
id.theasianparent.com

Seruni.id – Siapa sangka, ternyata 5 produk sehari-hari ini berbahaya untuk anak, loh. Bahkan, bisa jadi produk tersebut biasa kita pakai sehari-hari. Apa saja produknya? Banyak produk berbahaya untuk anak yang sering kita pakai sehari-hari, tanpa menyadari potensi bahayanya untuk anak dan keluarga. Beberapa di antaranya ialah makanan instan, produk berbahan plastik, hingga makanan kemasan. Sudah saatnya kita membatasi untuk mengonsumsi produk makanan instan dan cepat saji demi kesehatan seluruh anggota keluarga.

Produk Kemasan Plastik

Image result for Produk Kemasan Plastik
gaya.tempo.co

Hampir semua produk sehari-hari yang kita gunakan menggunakan plastik sebagai kemasannya. Apalagi seringkali kita menggunakan botol plastik bekas pakai hingga berkali-kali. Padahal botol tersebut memiliki tanda hanya boleh digunakan satu kali. Hindari menggunakan botol plastik berkali-kali, bila ingin yang bisa digunakan berulang, belilah produk yang memang untuk dipakai berulangkali.

Jus Kemasan Karton

Related image
thecreator.co.id

Produk jus dalam kemasan karton juga berbahaya loh, Moms. Maskipun memakai slogan alami dalam iklannya, semua produk kemasan pasti mengandung bahan pengawet dalam jumlah tertentu. Bahan pengawet inilah yang kurang bagus bagi anak. Selain itu, jus kemasan juga biasanya mengandung gula tambahan. Oleh sebab itu, disarankan agar membuat jus sendiri di rumah. Yang jauh lebih sehat dan tidak mengandung gula tambahan maupuan pengawet.

Baca Juga: Ternyata Jus Buah Tidak Menyehatkan untuk Anak, loh!

Mie Instan

Related image
darunnajah.com

Siapa yang tidak suka mie instan? Rasanya yang gurih dan lezat, juga proses penyajiannya yang cepat, membuat orang dewasa hingga anak-anak menyukainya. Akan tetapi, makanan instan seperti ini tidak mudah dicerna oleh perut kita. Bahkan, mie instan termasuk ke dalam makanan yang paling susah dicerna oleh tubuh kita. Seringkali mie instan mengendap di usus kecil dalam waktu lama hingga mengganggu saluran pencernaan. Batasi konsumsi mie instan dalam keluarga dan masaklah makanan sehat sebagai gantinya.

Video Game

Image result for anak bermain Video Game
kumparan.com

Produk berbahaya yang selanjutnya ialah video game, atau permainan di gadget. Produk ini berbahaya karena bisa mengakibatkan anak kecanduan, hingga malas bergerak dan asyik bermain game terus-terusan. Hingga lupa belajar dan memengaruhi tumbuh kembangnya.

Produk Pembersih Lantai

Image result for Produk Pembersih Lantai
suratkabar.id

Produk sehari-hari yang kita gunakan seperti pembersih lantai ternyata juga berbahaya dan bisa membuat anak sakit. Karena produk pembersih lantai mengandung bahan kimia yang sangat berbahaya dan bisa memicu reaksi sakit pada anak, seperti sakit kepala, asma dan lain-lain. Berhati-hatilah dalam memilih produk pembersih lantai, hindari produk yang memiliki bau terlalu tajam atau kandungan bahan kimia beracun yang terlalu tinggi. Hal ini juga berlaku pada produk anti nyamuk semprot yang sering Anda gunakan.

Itulah 5 produk sehari-hari yang biasa kita gunakan, tetapi ternyata produk tersebut tidak baik untuk kesehatan. Jadi, sebisa mungkin pilihlah bahan-bahan yang aman dan jauh lebih sehat ya, Moms.

LEAVE A REPLY