5 Tips Jitu Agar Sayuran Tidak Berubah Warna Ketika Dimasak

0
lifstyle.kompas.com

Seruni.id – Sebuah makanan bisa dikatakan sempurna bukan hanya dari segi rasa, tetapi penampilannya juga. Tapi bagaimana jika masakan yang sudah diolah berubah warna? Seperti sayuran misalnya, sayuran yang telah dimasak biasanya akan berubah warna menjadi pucat, kecoklatan bahkan bisa merubah teksturnya.

Untuk mendapatkan tampilan sayur yang menarik, sebenarnya ini tidak sulit. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan demi dapatkan sayuran tetap hijau atau warnanya tidak berubah banyak setelah dimasak. Bagaimana caranya? Simak yang berikut ini.

Pilih Sayuran Segar dan Baru

Related image
travel.tribunnews.com

Biasanya sayuran yang terlalu lama disimpan di lemari es atau di tempat yang terbuka, akan cepat berubah warna ketika sudah dimasak. Maka dari itu, pastikan untuk memilih sayuran yang segar dan masih baru dipetik, ya. Sayuran yang masih segar akan tampak tetap segar meski telah dimasak. Sayuran yang masih segar juga memiliki rasa, aroma serta nutrisi yang baik pula. Jadi, segeralah masak sayur yang baru dipetik, ya.

Masukkan Sayur di Saat yang Tepat

Related image
vemale.com

Sebelum diolah, kamu bisa mencuci dan memotong sayuran terlebih dahulu. Usahakan untuk mencuci sayuran dengan air mengalir hingga bersih. Jika sayuran diolah dengan cara ditumis, pastikan kamu memasukkannya saat bumbu tumisan sudah matang, ya. Nah jika sayuran ingin direbus, kamu dapat memasukkan sayurannya saat air betul-betul sudah mendidih.

Kalau sayuran yang ingin direbus berjumlah banyak, seperti membuat pecel atau gado-gado, kamu dapat merebus jenis sayuran dari warna yang paling muda hingga yang berwarna tua, untuk menghindari perubahan warna sayur.

Baca Juga: Tips Menyimpan Sayuran Agar Tetap Segar dan Tahan Lama

Tambahkan Garam

Image result for tambahkan garam pada sayuran
hellosehat.com

Agar sayuran tidak berubah warna, usahakan untuk menambahkan garam pada air untuk memasak sayur. Fungsi garam di sini adalah untuk membuat sayur cepat layu dan matang. Hal ini juga bisa membuat warna sayur tetap hijau dan segar meski telah dimasak. Tidak perlu banyak-banyak garam yang dimasukkan ke sayur, cukup seujung sendok atau sejumput saja.

Baca Juga: Kandungan Mineral Pada Si Putih Imut, Garam

Perhatikan Waktu Memasak

Related image
klikdokter.com

Memperhatikan waktu memasak sangatlah penting. Waktu yang tepat dapat membuat warna alami sayuran hijau tetap terjaga. Tak perlu lama-lama, kamu hanya perlu dua menit untuk proses pemasakan sayuran. Jangan khawatir sayuran tidak matang, karena jika terlalu lama, tak hanya berubah warna, tetapi tekstur pun akan berubah.

Nah, kalau kamu memasak sayur dengan campuran daging, kamu dapat memasukkan daging terlebih dahulu, kemudian baru memasukkan sayuran saat proses pemasakan hampir matang.

Tiriskan Sayuran

Image result for perhatikan waktu memasak sayuran
cnnindonesia.com

Setelah direbus, kamu harus segera meniriskan sayuran. Tiriskan sayuran dengan menggunakan saringan, agar tetap higienis. Kemudian, siram sayuran dengan air dingin atau air es. Cara ini akan membantu menghentikan proses memasak, sehingga warna alami dan tekstur sayuran tetap bagus.

Selain disiram air dingin setelah direbus, kamu juga bisa langsung merendamnya dalam air dingin beberapa saat, kemudian tiriskan kembali sayurannya.

Hidangan sayur yang hijau menarik serta teksturnya yang krenyes-krenyes pasti akan lebih membuatmu semangat melahapnya, kan. Misal ketika kamu sedang bersantap di resto sunda, cah kangkung atau cah tauge yang renyah bisa membuatmu makan lahap dibandingkan hidangan yang sama tapi overcooked. Selamat mencoba, ya!

LEAVE A REPLY

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.